Berita Banten terkini, Update berita Banten, Peristiwa terbaru di Banten

Strategi Digital Marketing yang Wajib Diketahui yaitu Perbedaan Antara SEO dan SEM

SERANG (bantenbersatu.co.id) – SEO dan SEM sering dianggap sama, padahal keduanya memiliki perbedaan mendasar dalam strategi digital marketing. SEO (Search Engine Optimization) berfokus pada optimasi organik agar website muncul di halaman pertama mesin pencari tanpa biaya langsung. SEM (Search Engine Marketing) lebih ke arah pemasaran berbayar yang menggunakan iklan untuk meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian.

Mardiana, S.Pd., Praktisi Digital Marketing Kagemi.id, menjelaskan bahwa SEO adalah investasi jangka panjang yang membutuhkan waktu untuk melihat hasilnya. Ada beberapa teknik utama dalam SEO, seperti SEO On-Page yang mengoptimalkan konten dan struktur website, SEO Off-Page yang membangun reputasi melalui backlink, serta SEO teknis yang memastikan website mudah diakses dan di indeks oleh mesin pencari.

Sementara itu, SEM memungkinkan bisnis untuk muncul di bagian teratas hasil pencarian dengan cepat menggunakan iklan berbayar seperti Google Ads. Dengan sistem Pay-Per-Click (PPC), pengiklan hanya membayar ketika iklan mereka diklik oleh pengguna. Keunggulan SEM adalah kemampuannya menargetkan audiens spesifik berdasarkan kata kunci, lokasi, atau demografi.

Menurut Mardiana, perbedaan utama antara SEO dan SEM adalah pada waktu dan biaya. SEO memerlukan proses panjang, tetapi hasilnya bisa bertahan lebih lama. SEM menawarkan hasil instan, tetapi hanya selama iklan berjalan. Kombinasi keduanya sering menjadi strategi terbaik, di mana SEM digunakan untuk mendapatkan hasil cepat, sementara SEO membangun fondasi jangka panjang untuk visibilitas digital.

Bisnis yang ingin berkembang di dunia digital perlu memahami kapan harus menggunakan SEO dan kapan harus menggunakan SEM. Jika ingin mendapatkan pengunjung dengan cepat, SEM adalah pilihan yang tepat. Namun, jika ingin membangun kredibilitas dan menghemat biaya dalam jangka panjang, SEO lebih direkomendasikan.

Banyak perusahaan mengombinasikan SEO dan SEM untuk hasil yang lebih maksimal. Dengan cara ini, mereka bisa memperoleh lalu lintas dari pencarian organik sekaligus memanfaatkan iklan berbayar untuk meningkatkan konversi lebih cepat.

“SEO dan SEM bukan tentang memilih salah satu, tetapi bagaimana menggunakannya secara bersamaan untuk mencapai tujuan bisnis,” kata Mardiana. (Red02)

Related posts

Mengintip Perputaran Uang Jaringan Narkoba Fredy Pratama di Indonesia yang Mencapai Rp59,2 Triliun

bantenbersatu

KPK Tambah Tersangka Baru Dalam Kasus Mantan Gubernur Maluku Utara

bantenbersatu

3 Fakta Terkini Banjir Bandang di Jateng, dari Puluhan Warga Grobogan Mengungsi hingga 23 Desa Wilayah Kendal Terendam!

bantenbersatu

Arus Balik +3 Lebaran Malam Hari Hujan, Jalur Nagrek Padat Merayap

bantenbersatu

PWN Soroti Masalah RTLH dan Sektor Perikanan saat Eksplorasi Pulo Panjang

bantenbersatu

Peran Masyarakat Sangat Diperlukan untuk Kemajuan Tangsel

bantenbersatu

RSUD Kota Bekasi Terendam Banjir, Listrik Padam dan Pasien di Ruang ICU Dievakuasi

bantenbersatu

41.000 Kendaraan Arus Balik Melalui Pelabuhan Bakauheni Menuju Merak

bantenbersatu

Jika Suatu Hari ke Banten Jangan Lupa Singgah di 2 Hotel Kelas Premium Ini, Aston dan Le Dian

bantenbersatu